Rumah, Kunci Sukses Pola Asuh dan Pendidikan Anak

Admin
Indra AE
May 18, 2016
Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Pendidikan anak berada di tiga ranah, rumah, sekolah, dan di antara keduanya. Keberhasilan pendidikan di usia anak-anak pun bergantung pada pola asuh di tiga tempat tersebut.

Menurut seorang aktivis pendidikan keluarga, Fery Farhati Baswedan, kunci keberhasilan pola asuh dan pendidikan anak ada di rumah. Pola asuh dari orang tua berperan sangat besar menentukan karakter anak. "Orang tua harus paham dulu apakah ia sudah melakukan pola asuh yang baik atau tidak," kata Fery saat menjadi pembicara pada seminar pendidikan keluarga di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Senin lalu (16/05/2016) sore.


Rumah, Kunci Sukses Pola Asuh dan Pendidikan Anak


Ada dua karakter yang perlu ditanamkan kepada anak, yaitu karakter moral dan karakter kinerja. Karakter moral mencakup hal-hal pribadi yang melekat di diri anak. Misalnya jujur, berintegritas, empati, welas asih, loyalitas, dan berani. Sedangkan karakter kinerja adalah karakter yang dimiliki seseorang dalam usahanya untuk meraih sesuatu, seperti keja keras, disiplin, dan kegigihan.

Fery mengatakan, sebagian orang tua sekarang masih mendidik anak dengan cara didik yang pernah diterimanya dulu. Tak jarang, pola asuh tersebut berbentuk kekerasan baik fisik maupun verbal. Rumah sebagai tempat sekolah pertama dan orang tua sebagai guru pertama akan membentuk karakter dasar anak. Kegagalan pada pola asuh anak biasanya terjadi karena orang tua belum tahu cara mendidik dengan benar.
Baca: 6 Cara Mengoptimalkan Otak Kiri dan Kanan Anak
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk memperbaiki pola asuh. Pertama, orang tua harus paham tugasnya sebagai pendidik. Seorang pendidik tidak hanya memberi tahu atau menceramahi anak, tapi juga memberikan contoh yang baik. Dan kedua, orang tua harus memenuhi tugas tersebut.

Pembentukan karakter dimulai dari pengajaran. Untuk menjadi pribadi yang baik, orang tua juga harus mengajarkan yang baik. Jika sudah diajarkan, karakter harus dibiasakan, misalnya perilaku jujur.

Di awal fase pembentukan karakter, anak diajarkan tentang kejujuran, apa sebab akibat yang mungkin terjadi jika ia jujur. Setelah itu, biasakan anak untuk jujur apapun situasinya. Itu yang dinamakan konsisten. Jika jujur maka ia akan dihargai, namun jika tidak ia akan mendapat sanksi baik langsung maupun tidak langsung. Jika sudah terbiasa jujur, maka akan tertanam pada diri anak pentingnya kejujuran. Anak akan merasa risih jika ia tidak berkata atau berbuat jujur. Di situlah karakter dan budaya jujur terbentuk.
Baca juga: Kebersamaan Keluarga Sebagai Faktor Penentu Karakter Anak
Proses pembentukan budaya memerlukan waktu yang panjang. Oleh karena itu karakter baik perlu ditanamkan sejak anak berusia dini. Selain orangtua, pemerintah juga berperan untuk membuat sekolah nyaman dan guru yang layak guna mendukung berhasil atau tidaknya pendidikan karakter dalam keluarga. Untuk itu, orang tua, pemerintah, dan masyarakat harus bergandeng tangan dalam pembentukan karakter anak bangsa. #kemdikbud

Demikian info yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih dan wassalam.

Thanks for reading Rumah, Kunci Sukses Pola Asuh dan Pendidikan Anak | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Rumah, Kunci Sukses Pola Asuh dan Pendidikan Anak

Post a Comment