Menpan: Masyarakat Diminta Waspada Berita Hoax Pendaftaran CPNS

Admin
Indra AE
July 4, 2017
Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Maraknya berita mengenai rencana pengadaan dan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali terulang. Kabar bohong tersebut dimuat oleh sejumlah media online yang memberitakan bahwa pendaftaran CPNS telah dibuka pada bulan Juli hingga Agustus tahun 2017.

Berita Hoax Pendaftaran CPNS

Bahkan, tanpa menyebutkan sumber resmi, media itu mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan pendaftaran. “Pendaftaran CPNS telah dibuka pada tanggal xx  Juli - xx Agustus 2017, Segera Daftar!” demikian judul yang hoax yang termuat di beberapa portal dimaksud.

Lebih dari itu, disertakan juga tautan untuk mengunduh formulir pendaftaran CPNS 2017 beserta surat edaran pendaftaran dan hal lain untuk meyakinkan masyarakat percaya. Namun setelah dicoba mengunduh formulir dan surat edaran yang dimaksud, ternyata tidak bisa diunduh alias link palsu.

Menanggapi hal itu, seperti dilansir laman resmi menpan.go.id (21/06/2017), Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap kabar yang beredar di berbagai portal, karena kabar tersebut bisa sangat menyesatkan.

Dikatakan, kabar seperti itu bukan sekali dua kali beredar, tapi sudah sering. “Kami mengingatkan agar masyarakat selalu waspada dan mencermati kabar yang tidak jelas asal-usulnya. Ini bisa menyesatkan masyarakat,” ujar Herman ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/06).

Herman menegaskan bahwa, hingga saat ini pemerintah hanya menerima CPNS dari formasi khusus, karena Pemerintah masih konsisten melakukan moratorium dan penataan PNS. Ia menyampaikan bahwa pemerintah berencana melakukan pengadaan CPNS untuk calon hakim, petugas Lapas dan Imigrasi. Namun informasi detail mengenai rekruitmen CPNS dimaksud, sampai kini belum diumumkan. “Nanti kalau waktunya sudah tiba, pasti kami umumkan secara resmi melalui website Kementerian PANRB,” ujarnya.
Baca juga: Pemerintah Batasi Formasi Pengadaan CPNS Pemda
Ditambahkan, hingga saat ini penerimaan CPNS jalur umum belum dibuka. Untuk itu, Herman kembali mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh berita bohong atau hoax yang tidak jelas asal-usulnya. “Masyarakat bisa memantau melalui website resmi kami www.menpan.go.id,” imbuhnya. (twi/HUMAS MENPANRB)

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan. Semoga kita selalu cerdas dan teliti dalam menerima informasi yang belum jelas kebenarannya. Pastikan untuk selalu mengecek informasi resmi penerimaan CPNS hanya di website resmi milik Pemerintah pada alamat http://www.menpan.go.id.

Dapatkan juga informasi seputar pendidikan dari sumber terpercaya pada laman fanspage kami DI SINI. Terima kasih, semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan, wassalamu’alaikum.wr.wb.

Thanks for reading Menpan: Masyarakat Diminta Waspada Berita Hoax Pendaftaran CPNS | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Menpan: Masyarakat Diminta Waspada Berita Hoax Pendaftaran CPNS

Post a Comment